Senin, 13 Februari 2012

MENGATUR RITME GAIRAH HIDUP

Mengatur ritme gairah hidup itu sangat penting, banyak kehidupan orang berantakan hanya disebabkan kurangnya mengatur ritme gairah hidup, seperti sering mangalami sakit (berpenyakitan), memepunyai keuangan yang minim, banyak waktu yang terbuang sia-sia, kurangnya beribadah, dan lain-lain. Pentingnya mengatur ritme gairah hidup bisa membuat hidup seseorang lebih disiplin dan teratur, tujuan umumnya warga belajar dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya, baik secara eksternal maupun internal, serta rasa percaya diri dalam berintegrasi dengan lingkungannya. Sedangkan tujuan khususnya yaitu warga belajar dapat menciptakan energi positif dalam setiap aktivitas sehingga dapat menciptakan gairah dalam kehidupan.
1.    Membiasakan diri hidup sehat
Hasil poling WHO (termasuk kelompok manakah anda?):
    20% manusia sakit
    5% manusia benar-benar sehat
    75% manusia sehat bermasalah
Gejala pada status sehat bermasalah
    Kegemukan / obesitas
    Rambut rontok
    Sering buang air kecil
    Penurunan fungsi & gairah seks
    Penurunan daya ingat
    Sulit  mengendalikan suasana hati
    Tidak bisa mengontrol perhatian
    Susah tidur
    Mudah gugup
    Merasa tidak sehat atau sakit tetapi tidak ada masalah ketika dicek.
    Depresi dan kehilangan keinginan
    Mudah lelah
Membiasakan perilaku hidup sehat berarti membiasakan diri kita untuk memberikan yang terbaik bagi tubuh kita sendiri. Masyarakat perkotaan sekarang, dengan segala kesibukannya mungkin lupa akan pentingnya menjaga kesehatan tubuhnya. Padahal untuk tetap bisa bekerja dengan optimal, kesehatan tubuh harus stabil dan terjaga. Sehingga komponen-komponen organ akan mengalami kemunduran fungsi dan anatomis karena terus dipaksa bekerja tanpa diperhatikan perawatannya. Oleh karena itu, sebanyak empat besar penyakit yang masih tetap menghantui warga perkotaan penyebab kematian masih dipegang oleh penyakit degeneratif. Penyakit tersebut adalah stroke (19,4 persen), diabetes mellitus (9,7 persen), hipertensi (7,5 persen), dan penyakit jantung.
Seperti yang tertera dalam Panduan Penyelenggaraan Hari Kesehatan Sedunia ke-62 pada 7 April 2010, Departemen Kesehatan memaparkan penyebab timbulnya kondisi memprihatinkan tersebut, karena meningkatnya umur harapan hidup, telah diatasi beberapa jenis penyakit menular, dan semakin tingginya paparan factor resiko. Factor resiko misalnya kebiasaan merokok dan minum alcohol, kurang berolah raga, pola makan yang tinggi lemak dan rendah serat, serta adanya pencemaran udara dan rendahnya kondisi social masyarakat.
Oleh sebab itu, mulai saat ini kita harus membiasakan perilaku hidup sehat, diantaranya :
a.    Biasakan makan sayuran dan buah, memperbanyak konsumsi sayuran dan buah dapat mencegah resiko kanker.  Dan berdasarkan penelitian di Inggris, konsumsi sayuran dan buah merupakan rangkaian kecil dalam gaya hidup sehat yang besar.
b.    Tidak merokok dan mengurangi konsumsi alcohol.
c.    Tetap menjaga berat badan agar tidak berlebih.
d.    Mengkonsumsi diet seimbang.
e.    Tetap menjaga kebugaran tubuh. Tetap aktif bergerak dan berolah raga akan membuat tubuh tetap fit.
f.    Menjaga tubuh dari paparan langsung sinar matahari.
JAGA KESEHATAN ANDA SEBELUM TERLAMABAT







2.    Menciptakan ide-ide cemerlang
Berpikir kreatif tumbuh subur apabila ditunjang oleh faktor personal dan situasional, yaitu kecerdasan kognitif untuk selalu melahirkan gagasan-gagasan baru dan gagasan –gagasan yang berlainan. Selain itu memiliki sikap terbuka, sikap yang bebas, otonom dan percaya pada diri sendiri.
Salah satu cara untuk merangsang ide-ide cemerlang , antara lain melalui brainstorming,
Cara menciptakan Ide
Ide.... Ide adalah bagian dari kreativitas kita.... Biasanya ide terbentuk sebagai hasil kerja dari otak kanan kita... Seringkali kita menghadapi yang namanya kehabisan ide... Nah kenapa kita bisa kehabisan ide? Jawabannya adalah karena kita terlalu serius memikirkannya!!!! Ide adalah bagian dari pekerjaan otak kanan.... Seringkali Ide muncul saat kita sedang bersantai...
di sini akan membagikan beberapa kegiatan dan tempat yang bisa membantu dalam mencari ide-ide cemerlang :
1. Toilet

90% dari ide ditemukan ketika saya termenung di toilet termasuk ide dalam menulis posting-posting di blog

2. Browsing Internet

Jika anda sedang jenuh dengan pekerjaan anda. Cobalah untuk sekedar browsing-browsing di internet. ide-ide cemerlang akan segera muncul di pikiran anda





3. Rekreasi

Cobalah untuk mengambil cuti dari tempat anda bekerja. Pergilah berekreasi ke pantai, kebun binatang, pegunungan dan sebagainya untuk menciptakan ide

4. Body Message

Nikmati sensasi pijat setelah seminggu penuh anda bekerja lembur. Pasti anda akan terpikir ide-ide kreatif
5. Membaca


Membaca di sini tidak harus membaca bacaan yang berat untuk dibaca. Ambilah majalah / komik untuk memanjakan otak anda setelah seharian bekerja
TAHAP-TAHAP MENCIPTAKAN IDE CEMERLANG    
a.    Uraikan pokok masalah dan tulislah dalam berbagai sudut pandang. Apabila pikiran lagi kurang mood, anda bisa minta pendapat orang lain tentang persoalan tersebut
b.    Ungkapkan setiap permasalahan yang muncul dan buatlah pertanyaan-pertanyaan
c.    Buatlah peta-peta masalah dihubungkan dengan apa yang mempengaruhi dan apa saja yang dapat terpengaruh oleh permasalahan yang ada
d.    Biarkan ide-ide muncul. Tulislah sebanyak-banyaknya. Hindari mengevaluasi ide yang baru muncul
e.    Setiap ada ide yang muncul tulislah, hindari mengevalusi ide-ide tersebut
3.    Berpikir positif
Anda pasti tau bahwa untuk menjalani kehidupan yang sukses dan bahagia  dapat dicapai dengan cara berpikir positif. Mungkin teman-teman sudah pernah sering mendengar saran ini baik dari teman, kolega, buku, jurnal hingga dari para motivator kondang. Namun berapa banyak diantara Anda yang masih belum dapat benar-benar mempraktekkannya dalam gaya hidup sehari-hari! Ntah karena bingung ataupun masih terlena dengan pola pikir lama yang cenderung negatif. Nah, disinilah akan dibagikan tips bagaimana bisa mengembangkan pola pikir positif agar selalu beredar dalam gaya hidup Anda sehari-hari. Caranya tentu saja dengan dengan mengenali ciri-ciri mindset orang yang berpikir positif. Ayo kita coba tiru jalan pikirannya.


a.    Melihat masalah sebagai tantangan
Coba bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan membuat hidupnya seakan-akan paling sengsara di dunia.
b.    Menikmati hidupnya
Berpikir positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.
c.    Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
Supaya Anda menerima hal-hal baru yang dapat mengubah kehidupan Anda menjadilebih baik.
d.    Singkirkan pikiran negatif seketika setelah pikiran itu terlintas di benak
Jika Anda memelihara pikiran negatif lama-lama, bisa-bisa Anda malah membangunkan singa tidur yang seharusnya tidak apa-apa malah menimbulkan masalah.
e.    Mensyukuri apa yang dimiliki
Dan bukan berkeluh-kesah tentang hal-hal yang tidak dimiliki.
f.    Tidak mendengarkan gosip yang tidak menentu
Sudah lumrah yang namanya gosip berteman baik dengan pikiran yang negatif. Karena itu para pemikir positif akan berusaha menghindar untuk terlibat dalam omongan yang tidak ada manfaatnya.
g.    Tidak buat alasan, tapi langsung buat tindakan
Anda tentu pernah mendengar kata NATO (No Action Talk Only). Yang jelas, para pemikir positif bukanlah penganut aliran ini. Begitu juga dengan NARO (No Action Review Only), NADO (No Action Dream Only), NACO (No Action Concept Only), NABO (No Action Briefing Only), NAMO (No Action Meeting Only), dan NASO (No Action Strategy Only).
h.    Menggunakan bahasa positif
Gunakanlah kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti: “Saya pasti bisa!”, “Tidak ada persoalan yang terlalu sulit untuk dipecahkan.”, “Dia memang berbakat.”
i.    Menggunakan bahasa tubuh yang positif
Seperti senyuman, berjalan dengan langkah tegap, gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Para pemikir positif biasa berbicara dengan intonasi dan gerakan tubuh yang  bersahabat, antusias dan hidup.
j.    Peduli pada citra diri
Dengan berusaha tampil baik. Bukan hanya diluar, tapi juga di dalam.

4.    Berkata hanya dengan niat baik
Niat baik akan mendorong terciptanya suasana yang menyenangkan, karena komunikasi dijalin dengan ketulusan dan adanya keinginan untuk berada dalam suatu perubahan yang baik. Selain itu, seseorang yang berbicara dengan niat baik akan terhindar dari perkataan yang tidak bertanggung jawab, ketidakjujuran dan gosip.

5.    Mengelola hobi menjadi lebih bermakna
Setiap orang punya ketertarikan tersendiri pada hobi masing-masing. Ada yang tertarik pada hobi memasak, melukis, bermain musik, olah raga, menyelam, mendaki gunung, melukis novel, menulis puisi, memelihara ikan hias, memelihara burung perkutut. Ada juga yang hobi mengoleksi perangko, mengoleksi barang-barang antik, traveling dan jenis hobi lainnya.
Setiap orang punya hobi yang berbeda. Tetapi pada umumnya, semua orang merasa sangat senang melakukan kegiatan-kegiatan yang ada hubungannya dengan hobinya. Mereka terkadang tidak terlalu peduli pada jumlah pengorbanan yang akan dikeluarkannya. Orang yang fanatis, berat pada hobinya, rela mengeluarkan uang.
Sebaiknya hobi tertentu memberikan manfaat yang besar, juga mendukung pencapaian cit-cita yang telah ditetapkan. Bahkan hobi dapat dijadikan sebagai pengembangan bisnis.

6.    Membahagiaakan orang lain
Orang yang berbahagia adalah yang merasa bahagia ketika membahagiakan orang lain
Dimanakah kita bisa mendapatkan kebahagiaan? Jawabannya adalah dimana saja. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan. Salah satunya adalah dengan cara membahagiakan orang lain. Ketika rasa bahagia yang berasal dari diri kita itu bernilai seratus, maka rasa bahagia yang berasal dari orang lain itu bernilai dua kali lipatnya.
Siapa yang tidak senang ketika melihat orang lain merasa bahagia? Setiap manusia memiliki keterikatan, meskipun mereka tidak saling kenal. Bayangkan saja seolah-olah ada kabel tidak terlihat yang terhubung antara orang yang satu dengan yang lain. Ketika melihat seseorang terkena musibah, orang-orang yang mengetahui hal tersebut akan ikut merasakan kesedihannya. Hanya orang sirik yang bahagia ketika orang lain merasa sengsara.
Sebagai manusia yang hidup, kita tentu ingin tinggal di dalam lingkungan yang penuh dengan kegembiraan, canda, tawa, dan senyuman. Dengan berada di dalam lingkungan yang bahagia, maka kita pun akan ikut merasakan bahagia. Rasa bahagia ini memiliki dampak sistemik, dimana kelak kita juga bisa membuat orang lain bahagia dengan menjadi bahagia.
Kebahagiaan pada orang lain, tidak selalu muncul begitu saja. Kita bisa saja membuat kebahagiaan itu sendiri, yaitu dengan cara membantu orang di sekitar kita, menyapa, mengajak bicara, bercanda, membuat kejutan yang menyenangkan, dan lain sebagainya. Bentuk perhatian tulus dan wajar yang kita berikan selalu dapat membahagiakan orang lain. Meskipun tak berbalas, rasa bahagia itu akan tetap bernilai besar. Tentu saja akan lebih lagi ketika orang lain melakukan hal yang sama kepada kita.
Kawan,
Mengisi kehidupan dengan hal-hal yang membahagiakan akan membuat hidup kita lebih berarti. Karena sesungguhnya itulah makna kehidupan, yaitu menciptakan kebahagiaan-kebahagiaan kecil untuk suatu kebahagiaan besar. Kita tidak akan pernah mengetahui seberapa besar kebahagiaan itu nantinya. Namun, percayalah bahwa rasa bahagia yang paling besar adalah berasal dari ketulusan dalam membahagiakan orang lain.

7.    Memperbaiki penampilan lahirilah
Setiap kalau kita berinteraksi dengan orang lain perhatian pertama yang dapat di lihat dari mereka adalah penampilan lahirnya. Demikian cara kita memakai baju, celana, sepatu, potongan rambut, make up, postur tubuh, air mata, cara tutur kata, cara memandang orang lain merupakan cara kita memperkenalkan diri pada lingkungan luar. Suka atau tidak suka , penampilan lahir merupakan cermin dari kepribadian kita karena walaupun tidak bertanggung jawab atas keadaan fisik di wariskan secara keturunan , kita secara sadar , telah mengubahnya selama perjalanan hidup kita sehingga ciri-ciri tersebut selaras dengan kepribadian kita.

8.    Mengasah kecerdasan emosional
“Siapapun bisa marah. Marah itu mudah. Tetapi, marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat, demi tujuan yang benar, dan dengan cara yang baik, bukanlah hal mudah.” — Aristoteles, The Nicomachean Ethics.
Mampu menguasai emosi, seringkali orang menganggap remeh pada masalah ini. Padahal, kecerdasan otak saja tidak cukup menghantarkan seseorang mencapai kesuksesan. Justru, pengendalian emosi yang baik menjadi faktor penting penentu kesuksesan hidup seseorang.
Kecerdasan emosi adalah sebuah gambaran mental dari seseorang yang cerdas dalam menganalisa, merencanakan dan menyelesaikan masalah, mulai dari yang ringan hingga kompleks. Dengan kecerdasan ini, seseorang bisa memahami, mengenal, dan memilih kualitas mereka sebagai insan manusia.
Orang yang memiliki kecerdasan emosi bisa memahami orang lain dengan baik dan membuat keputusan dengan bijak. Lebih dari itu, kecerdasan ini terkait erat dengan bagaimana seseorang dapat mengaplikasikan apa yang ia pelajari tentang kebahagiaan, mencintai dan berinteraksi dengan sesamanya. Ia pun tahu tujuan hidupnya, dan akan bertanggung jawab dalam segala hal yang terjadi dalam hidupnya, sebagai bukti tingginya kecerdasan emosi yang dimilikinya.
Kecerdasan emosi lebih terfokus pada pencapaian kesuksesan hidup yang *tidak tampak*. Kesuksesan bisa tercapai ketika seseorang bisa membuat kesepakatan dengan melibatkan emosi, perasaan dan interaksi dengan sesamanya. Terbukti, pencapaian kesuksesan secara materi tidak menjamin kepuasan hati seseorang.
Kecerdasan Emosi memberikan seseorang keteguhan untuk bangkit dari kegagalan, juga mendatangkan kekuatan pada seseorang untuk berani menghadapi ketakutan. Tidak sama halnya seperti kecerdasan otak atau IQ, kecerdasan emosi hadir pada setiap orang dan bisa dikembangkan.
Berikut beberapa tips bagaimana cara mengasah kecerdasan emosi :
a.    Selalu hidup dengan keberanian.
Latihan dan berani mencoba hal-hal baru akan memberikan beragam pengalaman dan membuka pikiran dengan berbagai kemungkinan lain dalam hidup.
b.    Selalu bertanggung jawab dalam segala hal.
Ini akan menjadi jalan untuk bisa mendapatkan kepercayaan orang lain dan mengendalikan kita untuk tidak mudah menyerah. “being accountable is being dependable”
c.    Berani keluar dari zona nyaman.
Mencoba keluar dari zona nyaman akan membuat kita bisa mengeksplorasi banyak hal.
d.    Mengenali rasa takut dan mencoba untuk menghadapinya.
Melakukan hal ini akan membangun rasa percaya diri dan dapat menjadi jaminan bahwa segala sesuatu pasti ada solusinya.
e.    Bersikap rendah hati.
Mau mengakui kesalahan dalam hidup justru dapat meningkatkan harga diri kita. So,  kuasailah kecerdasan emosi Anda! Karena mengendalikan emosi merupakan salah satu faktor penting yang bisa mengendalikan Anda menuju sukses dan juga menikmati warna-warni kehidupan.
9.    Meditasi, do’a, dan kepasrahan
Secara hakiki manusia memerlukan keseimbangan lahir dan batin. Keseimbangan hidup dapat diperolah antara lain dengan mengkondisikan fisik maupun batin dalam suasana yang tenang, damai, penuh harapan, serta adanya kepasrahan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Langkah meditasi yang umum digunakan antara lain :
a.    Duduklah dengan tenang, enak dan santai, dapat duduk bersila atau di kursi.
b.    Pusatkan pikiran untuk meditasi.
c.    Posisi tulang punggung harus tegak lurus.
d.    Tempelkan lida pada langit–langit mulut.
e.    Tutuplah mulut dan pejamkan mata.
f.    Berdoa sesuai dengan keyakinan.
g.    Ucapkan kalimat airmasi yang intinya adalah doa untuk kebaikan manusia dan lingkungan kita.
h.    Bernapaslah secara alami.
i.    Pusatkan pikiran pada masuk keluarnya napas sampai terasa halus serta pikiran kita tenang.
j.    Berdoa kembali.

BAB III
PENUTUP

1.    Kesimpulan
Dengan mengatur ritme gairah hidup sehat dapat menciptakan suasana untuk membawa kegembiraan ke dalam berbagai aktivitas yang kita lakukan. Pekerjaan apapun yang dijalani akan terasa lebih ringan dan mudah. Kegembiraan membuat kita bersemangat dan bahkan dapat mengubah sikap atau perilaku negatif.

2.    Saran
Sangatlah penting artinya menjaga keseimbangan dengan mengatur ritme gairah hidup islam seluruh aktivitas sehari-hari.

*Nury Ma’rifatin Laili (10102258)
  Moh. Taufik Hidayat (10102267)
  Galuh Indrawati (10102264)







Sumber:
arthagrahapeduli.com
e.g: cute123@yahoo.co.id
www.motivasiandi.blogspot.com
kompas.com
ikhas.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar